PRIMA IN HOTEL YOGYAKARTA
Profil
Perusahaan
Sejarah Hotel Prima In Yogyakarta
Hotel
Prima In Yogyakarta merupakan hotel bintang 3 yang baru saja berdiri pada 25
September 2015. Prima in Hotel
Yogyakarta terletak di jantung
Pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Gandekan Lor No. 47 Yogyakarta. Prima dalam Smart Hotel adalah tempat ideal
untuk menelusuri Yogyakarta. Hanya 2 km darisini, hotel bintang 3 dapat dengan
mudah diakses dari bandara. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini
menawarkan akses mudah untuk membuat tamunya merasa nyaman.
Untuk
hal ini, hotel menyediakan yang terbaik untuk pelayanan dan perlengkapannya.
Hotel ini menawarkan sejumlah fasilitas di tempat untuk memuaskan para tamunya.
Jenis kamar yang disediakan ada
69 kamar untuk melepas tekanan dan kelelahan para tamu yang menginapnya. Jenis
kamar yang disediakan ada beraneka ragam diantaranya :
1.
Superior
Room
Kamar standar yang menawarkan semua
fasilitas dasar untuk para wisatawan.
2.
Deluxe
Room
Kamar ini dirancang untuk wisatawan
bisnis dan mempunyai desain rekreasi yang unik dengan tampilan yang segar
dirancang untuk mencerminkan properti tradisional Indonesia.
3.
Cabanas
Room
Kamar yang luas dan mewah dilengkapi
dengan kolam renang modern untuk masing-masing wisatawan dan keluarga.
4.
Executive
Suite
Kamar yang menawarkan rasa rumah yang menghubungkan
ke kamar superior untuk para pebisnis dan keluarga.
Prima In Smart Hotel menawarkan
pelayanan sempurna dan segala fasilitas penting untuk memanjakan para
wisatawan. Fasilitas terbaik hotel ini termasuk Wi-Fi gratis di semua kamar,
satpam 24 jam, layanan kebersihan harian, mesin fax, fotokopi. Disamping itu,
hotel memiliki berbagai pilihan fasilitas rekreasi yang menjamin Anda melakukan
bermacam hal selama menginap. Nikmati pelayanan tidak terbandingkan dan
penginapan yang sungguh bergengsi di Prima In Smart Hotel.
Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di
Hotel ini diantaranya adalah Penggunaan internet gratis di setiap ruangan.
Adapun berbagai fasilitas kamar Hotel :
ü Bath and Toilet
ü Air conditioner
ü BS broadcast
ü Mini Bar
ü Toothbrush and toothpaste
ü Shower
ü Tv
ü Safety Box
ü Shampo and body soap, dll.
Fasilitas Rekreasi seperti kolam
renang dalam ruangan, kolam (anak) dan taman. Yang tak kalah menarik yaitu
adanya fasilitas ruangan seperti Meeting
Room, Sky Lounge, Looby, Restaurant , Massage dan masih banyak lainnya.
Dari
lokasi yang strategis ini, membuat para tamu yang menginap di Hotel lebih mudah
mengakses tempat-tempat menarik di pusat kota seperti :
1. Malioboro Mall hanya ditempuh
dengan jarak 0,5 km
2.
Jalan
Malioboro jarak tempuh 0,5 km
3.
Stasiun
Tugu 0,6 km
4.
Istana
Kepresidenan Yogyakarta 0,9 km
5. Benteng Vandeburg
Adapun kebijakan dari Hotel
diantaranya adalah :
·
Anak-anak dan tempat tidur
tambahan
·
Semua anak-anak diperbolehkan menginap.
·
Selanjutnya semua tambahan
untuk anak-anak atau orang dewasa dikenai biaya IDR 300000 per malam untuk
tempat tidur tambahan.
·
Kapasitas maksimal dari tempat
tidur tambahan di kamar adalah 1.
·
Biaya tambahan tidak akan
dihitung secara otomatis dalam biaya total dan harus dibayar secara terpisah
saat Anda menginap di hotel.
·
Binatang peliharaan tidak
diperbolehkan.
Lingkup
media yang digunakan instansi :
a. Lokal : Menggunakan media cetak , radio ( Kedaulatan
rakyat, Unisi)
b.
Regional
: Suara merdeka
c. Nasional : Kerjasama dengan ANTV
Jenis
Media yang digunakan Prima in Hotel Yogyakarta :
·
Melalui
Media Elektronik dimuat dalam Radio Jis FM, Unisi, dll.
·
Melalui
Televisi misalnya Lokal (Jogja TV), Televisi Nasional (ANTV)
·
Melalui
Media Online yaitu dimuat dalam beberapa media sosial seperti Facebook,
Twiteer, dan Instagram.
Visi
Misi dan Tujuan
Visi
Kami berusaha untuk
menjadi perusahaan manajemen perhotelan Indonesia yang
membuat kesan yang berbeda dan memberikan kesan positif dengan semua kalangan dari segi :
·
Sumber Daya Manusia : Kami mengembangkan
dengan tim yang berbakat dengan sikap positif, kreatif dan inovatif serta
dengan pengalaman yang sangat baik yang membuat tamu kami senang, tersenyum
dengan kepuasan.
·
Mitra Kerja : Kami bersama-sama untuk
menciptakan tekad yang kuat, hubungan jangka panjang dan hubungan saling
menhargai karena hanya pemilik – operator seperti kami yang dapat melakukan hal
ini.
·
Kami berusaha untuk mengembangkan merek
hotel dan resort yang inovatif untuk menjadi merek terkemuka di setiap pasar
yang kami layani.
Misi :
Kami bertujuan untuk
memberikan pelayanan hotel dan resort yang berkualitas dengan pelayanan perhotelan Indonesia yang ramah
dengan desain yang unik yang akan membuat orang senang dan tersenyum dan
kepuasan kepada seluruh kalangan.
Tujuan Hotel Prima In Yogyakarta dibangun adalah :
v Tersedianya fasilitas tempat tinggal sementara
bagi pendatang baik untuk kepentingan wisata maupun kepentingan lainnya seperti
bisnis, kantor, dan sebagainya.
v Membuka lapangan kerja baru bagi para penduduk
kota Yogyakarta.
v Menambah daya tarik kawasan Malioboro sebagai
pusat kota.
Struktur Organisasi Hotel
Jenis atau
Orientasi Organisasi
Jenis
orientasi dari Prima In Hotel Yogyakarta termasuk organisasi profit karena
merupakan suatu proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk
mencapai tujuan bersama yakni untuk menghasilkan laba. Perusahaan menyediakan
atau menghasilkan barang maupun jasa guna untuk memperoleh hasil ataupun laba
sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan tersebut.
Berbagai Kegiatan Hotel Prima In
Contoh
dari perayaan Gong Xi Fa Chai yang diadakan setiap tahun.
Prima In
Hotel mengadakan kegiatan Eart Hour Moment guna memperingati Hari Bumi Nasional
Selain
kegiatan diatas Hotel Prima In juga mengadakan beberapa kegiatan lainnya
diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø Press Release
Dibuat
berdasarkan kegitan launching produk baru dan penyelenggaraan event. Seperti Gathering, siaran di
media visual dan radio maupun menyebarkan brosur.
Ø Konferensi Pers
Kegiatan ini baru saja terlaksana
pada 1 April 2016 terkait hotel yang baru saja berdiri. Kegiatannya yaitu
mengklarifikasi isu-isu di sebuah perusahaan.
Ø Press
Gathering
Contohnya seperti dalam
bentuk table manner,
breakfast, coffe morning
Ø Wawancara (interview)
Kegiatan ini contonhnya dari
pihak hotel mengundang wartawan
maupun teman-teman media diundang untuk menyaksikan dan meliput suatu event yang diselenggarakan.
Transkip
Wawancara
1.
Budaya Organisasi apa yang diterapkan di Hotel
Prima In Yogyakarta dilihat dari Karakter Dominan?
ü Budaya yang dipakai adalah Budaya organisasi sudah
sangat terkontrol dan terstruktur. Dan juga terdapat prosedur formal untuk
mengendalikan apa yang orang kerjakan.
2.
Budaya Organisasi apa yang ingin dikembangkan di
Hotel Prima In Yogyakarta?
ü Budaya yang ingin dikembangkan yaitu organisasi
yang sangat berorientasi pada hasil. Tujuan utamanya adalah menyelesaikan
pekerjaan dengan baik. Dan setiap anggota organisasi harus kompetitif dan
berorientasi pada hasil.
3.
Dalam segi kepemimpinan organisasi yaitu pemimpin
dalam organisasi menjalankan perannya sebagai apa saja?
ü Tentunya sebagai koordinator, mengorganisir dan
memelihara efisiensi serta efektivitas.
4.
Jenis budaya apa yang akan diterapkan lebih dalam
lagi?
ü Budaya yang bersifat inovatif, berani mengambil
risiko, dan sebagai fasilitator yang selalu memberikan bimbingan kepada
anggotanya.
5.
Bagaimana ciri manajemen dalam organisasi?
ü Manajemen bercirikan rasa aman pada diri karyawan,
adanya keseragaman dan hubungan yang relatif stabil.
6.
Bagaimana yang diharapkan oleh Hotel Prima In terkait dengan manajemen dalam organisasi?
ü Yang diharapkan adalah manajemaen yang bercirikan
kerja tim, kesepakatan dan partisipatif dengan tuntutan yang tinggi serta
pencapaian hasil yang maksimal.
7.
Apakah Perekat organisasi menjadi hal yang penting
dalam perusahaan?
ü Sangat penting, karena kepercayaan atau kesetiaan
bersama selalu dibangun untuk mencapai
prestasi dan tujuan bersama.
8.
Bagaimana yang diharapkan oleh perusahaan?
ü Yangdiharapkan adalah selalu ada inovasi dan
pengembangan yang selalu fokus pada hal-hal yang paling mutakhir.
9.
Strategi apa yang ditekankan organisasi ini?
ü Menekankan pada pengembangan SDM. Kepercayaan
tinggi, keterbukaan, partisipasi dan selalu melibatkan setiap karyawan.
10. Disisi
lain bagaimana yang diharapkan terkait dengan strategi organisasi?
ü Organisasi yang dapat menekankan sumber daya baru
dan penciptraan tantangan baru. Ataupun mencoba hal-hal baru dan mencari
peluang baru.
11. Sejauh
mana kriteria keberhasilan Hotel Prima In Yogyakarta saat ini?
ü Kriteria keberhasilan organisasi ini
mendefinisikan sukses berdasarkan terbentuknya produk terbaru. Organisasi
merupakan pemimpin dalam produk atau jasa dan inovator.
12. Upaya
apa yang ingin dikembangkan lagi terkait dengan kriteria keberhasilan
organisasi?
ü Ingin menjadi sukses berdasarkan kemenangan dalam
kompetisi. Menjadi pimpinan yang kompetitif yang merupakan kunci utama
keberhasilannya.
13. Apa
sajakah visi misi dan tujuan dari Hotel Prima In Yogyakarta?
Visi Hotel :
Kami berusaha untuk menjadi perusahaan manajemen perhotelan Indonesia yang
membuat kesan yang berbeda dan memberikan kesan positif dengan semua kalangan dari segi :
·
Sumber Daya Manusia : Kami mengembangkan
dengan tim yang berbakat dengan sikap positif, kreatif dan inovatif serta
dengan pengalaman yang sangat baik yang membuat tamu kami senang, tersenyum dengan
kepuasan.
·
Mitra Kerja : Kami bersama-sama untuk
menciptakan tekad yang kuat, hubungan jangka panjang dan hubungan saling
menhargai karena hanya pemilik – operator seperti kami yang dapat melakukan hal
ini.
·
Kami berusaha untuk mengembangkan merek
hotel dan resort yang inovatif untuk menjadi merek terkemuka di setiap pasar
yang kami layani.
Misi Hotel
:
Kami bertujuan untuk memberikan pelayanan hotel
dan resort yang berkualitas dengan pelayanan perhotelan
Indonesia yang ramah dengan desain yang unik yang akan membuat
orang senang dan tersenyum dan kepuasan kepada seluruh kalangan.
Tujuan Hotel Prima In Yogyakarta dibangun adalah :
v Agar tersedianya fasilitas tempat tinggal
sementara bagi pendatang baik untuk kepentingan wisata maupun kepentingan
lainnya seperti bisnis, kantor, dan sebagainya.
v Membuka lapangan kerja baru bagi para penduduk
kota Yogyakarta.
v Menambah daya tarik kawasan Malioboro sebagai
pusat kota.
14. Kegiatan
apa sajakah yang diselenggarakan oleh Hotel Prima In?
Mengadakan kegiatan Eart Hour
Moment guna memperingati Hari Bumi Nasional, perayaan Gong Xi Fa Chai yang
diadakan setiap tahun, Memperingati Tahun Baru, Hari Raya Lebaran, Natal dan
Hari Besar lainnya yang diadakan setiap tahun.
Selain itu kegiatan lain yang
diselenggarakan yaitu seperti Press Release, Konferensi Pers, Press Gathering.
15. Jenis
media apa saja yang di gunakan oleh Hotel Prima In?
ü Melalui Media Elektronik dimuat
dalam Radio Jis FM, Unisi, dll.
ü Melalui Televisi misalnya Lokal
(Jogja TV), Televisi Nasional (ANTV)
ü Melalui Media Online yaitu dimuat
dalam beberapa media sosial seperti Facebook, Twiteer, dan Instagram.
Narasumber
: Meina DwiJayanti selaku Public Relations Hotel Prima In Yogyakarta.
Analisis Tipe
Budaya Organisasi
Dapat
disimpulkan bahwa Prima In Hotel Yogyakarta ini memiliki tipe budaya Hierarchy dari
karakter dominan yang terstruktur dan terkendali. Mempunyai koordinator dan
mentor yang berorientasi pada efisiensi dan efektivitasi. Dengan memberikan
rasa aman dan stabilitas hubungan di dalam perushaan akan membentuk berbagai
kebijakan dan peraturan yang formal.
Dengan adanya kebijakan tersebut akan terciptanya stabilitas kontrol serta
kelancaran.
Dilihat dari penekanan strategi
maupun kriteria keberhasilan yaitu menciptakan organisasi yang terstruktur yang
berorientasi pada efisiensi serta peraturan kebijakan yang formal.
Website :
www.primainhotel.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar