Minggu, 08 Januari 2017

MEDIA RELATIONS (PRIMA IN HOTEL MALIOBORO)




PRIMA IN HOTEL YOGYAKARTA

Profil Perusahaan
Sejarah Hotel Prima In Yogyakarta
Hotel Prima In Yogyakarta merupakan hotel bintang 3 yang baru saja berdiri pada 25 September 2015. Prima in Hotel  Yogyakarta  terletak di jantung Pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Gandekan Lor No. 47 Yogyakarta.  Prima dalam Smart Hotel adalah tempat ideal untuk menelusuri Yogyakarta. Hanya 2 km darisini, hotel bintang 3 dapat dengan mudah diakses dari bandara. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses mudah untuk membuat tamunya merasa nyaman.
Untuk hal ini, hotel menyediakan yang terbaik untuk pelayanan dan perlengkapannya. Hotel ini menawarkan sejumlah fasilitas di tempat untuk memuaskan para tamunya. Jenis kamar yang disediakan ada 69 kamar untuk melepas tekanan dan kelelahan para tamu yang menginapnya. Jenis kamar yang disediakan ada beraneka ragam diantaranya :
  
1.      Superior Room
Kamar standar yang menawarkan semua fasilitas dasar untuk para wisatawan.
2.      Deluxe Room
Kamar ini dirancang untuk wisatawan bisnis dan mempunyai desain rekreasi yang unik dengan tampilan yang segar dirancang untuk mencerminkan properti tradisional Indonesia.
3.      Cabanas Room
Kamar yang luas dan mewah dilengkapi dengan kolam renang modern untuk masing-masing wisatawan dan keluarga.
4.      Executive Suite
Kamar yang menawarkan rasa rumah yang menghubungkan ke kamar superior untuk para pebisnis dan keluarga.
Prima In Smart Hotel menawarkan pelayanan sempurna dan segala fasilitas penting untuk memanjakan para wisatawan. Fasilitas terbaik hotel ini termasuk Wi-Fi gratis di semua kamar, satpam 24 jam, layanan kebersihan harian, mesin fax, fotokopi. Disamping itu, hotel memiliki berbagai pilihan fasilitas rekreasi yang menjamin Anda melakukan bermacam hal selama menginap. Nikmati pelayanan tidak terbandingkan dan penginapan yang sungguh bergengsi di Prima In Smart Hotel.
 Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di Hotel ini diantaranya adalah Penggunaan internet gratis di setiap ruangan. Adapun berbagai fasilitas kamar Hotel :
ü  Bath and Toilet
ü  Air conditioner
ü  BS broadcast
ü  Mini Bar
ü  Toothbrush and toothpaste
ü  Shower
ü  Tv
ü  Safety Box
ü  Shampo and body soap, dll.


Fasilitas Rekreasi seperti kolam renang dalam ruangan, kolam (anak) dan taman. Yang tak kalah menarik yaitu adanya fasilitas ruangan seperti  Meeting Room, Sky Lounge, Looby, Restaurant , Massage dan masih banyak lainnya.
Dari lokasi yang strategis ini, membuat para tamu yang menginap di Hotel lebih mudah mengakses tempat-tempat menarik di pusat kota seperti :
1.      Malioboro Mall hanya ditempuh dengan jarak 0,5 km
2.      Jalan Malioboro jarak tempuh 0,5 km
3.      Stasiun Tugu 0,6 km
4.      Istana Kepresidenan Yogyakarta 0,9 km
5.      Benteng Vandeburg
Adapun kebijakan dari Hotel diantaranya adalah :
·         Anak-anak dan tempat tidur tambahan
·         Semua anak-anak diperbolehkan menginap.
·         Selanjutnya semua tambahan untuk anak-anak atau orang dewasa dikenai biaya IDR 300000 per malam untuk tempat tidur tambahan.
·         Kapasitas maksimal dari tempat tidur tambahan di kamar adalah 1.
·         Biaya tambahan tidak akan dihitung secara otomatis dalam biaya total dan harus dibayar secara terpisah saat Anda menginap di hotel.
·         Binatang peliharaan tidak diperbolehkan.
Lingkup media yang digunakan instansi :
a.       Lokal :  Menggunakan media cetak , radio ( Kedaulatan rakyat, Unisi)
b.      Regional : Suara merdeka
c.       Nasional : Kerjasama dengan ANTV
Jenis Media yang digunakan Prima in Hotel Yogyakarta :
·         Melalui Media Elektronik dimuat dalam Radio Jis FM, Unisi, dll.
·         Melalui Televisi misalnya Lokal (Jogja TV), Televisi Nasional (ANTV)
·         Melalui Media Online yaitu dimuat dalam beberapa media sosial seperti Facebook, Twiteer, dan Instagram.

Visi Misi dan Tujuan
Visi
Kami berusaha untuk menjadi perusahaan manajemen perhotelan Indonesia yang membuat kesan yang berbeda dan memberikan kesan positif dengan semua kalangan dari segi :
·         Sumber Daya Manusia : Kami mengembangkan dengan tim yang berbakat dengan sikap positif, kreatif dan inovatif serta dengan pengalaman yang sangat baik yang membuat tamu kami senang, tersenyum dengan kepuasan.
·         Mitra Kerja : Kami bersama-sama untuk menciptakan tekad yang kuat, hubungan jangka panjang dan hubungan saling menhargai karena hanya pemilik – operator seperti kami yang dapat melakukan hal ini.
·         Kami berusaha untuk mengembangkan merek hotel dan resort yang inovatif untuk menjadi merek terkemuka di setiap pasar yang kami layani.

Misi :
Kami bertujuan untuk memberikan pelayanan hotel dan resort yang berkualitas dengan pelayanan perhotelan Indonesia yang ramah dengan desain yang unik yang akan membuat orang senang dan tersenyum dan kepuasan kepada seluruh kalangan.

Tujuan Hotel Prima In Yogyakarta dibangun adalah :
v  Tersedianya fasilitas tempat tinggal sementara bagi pendatang baik untuk kepentingan wisata maupun kepentingan lainnya seperti bisnis, kantor, dan sebagainya.
v  Membuka lapangan kerja baru bagi para penduduk kota Yogyakarta.
v  Menambah daya tarik kawasan Malioboro sebagai pusat kota.


Struktur Organisasi Hotel








Rounded Rectangle: General Manager : Jiman Budi Harja
Rounded Rectangle: Hotel Consultant : Sutikno

Rounded Rectangle: Owner Representatif : Sulistyo

 







Jenis atau Orientasi Organisasi
Jenis orientasi dari Prima In Hotel Yogyakarta termasuk organisasi profit karena merupakan suatu proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yakni untuk menghasilkan laba. Perusahaan menyediakan atau menghasilkan barang maupun jasa guna untuk memperoleh hasil ataupun laba sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan tersebut.

Berbagai Kegiatan Hotel Prima In


Contoh dari perayaan Gong Xi Fa Chai yang diadakan setiap tahun.


 


Prima In Hotel mengadakan kegiatan Eart Hour Moment guna memperingati Hari Bumi Nasional

Selain kegiatan diatas Hotel Prima In juga mengadakan beberapa kegiatan lainnya diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø  Press Release
Dibuat berdasarkan kegitan launching produk baru dan penyelenggaraan event. Seperti Gathering, siaran di media visual dan radio maupun menyebarkan brosur.
Ø  Konferensi Pers 
Kegiatan ini baru saja terlaksana pada 1 April 2016 terkait hotel yang baru saja berdiri. Kegiatannya yaitu mengklarifikasi isu-isu di sebuah perusahaan.
Ø  Press Gathering
Contohnya seperti dalam bentuk table manner, breakfast, coffe morning
Ø  Wawancara (interview)
Kegiatan ini contonhnya dari pihak hotel mengundang wartawan maupun teman-teman media diundang untuk menyaksikan dan meliput  suatu event yang diselenggarakan.





                                                                                                         
Transkip Wawancara
1.      Budaya Organisasi apa yang diterapkan di Hotel Prima In Yogyakarta dilihat dari Karakter Dominan?
ü  Budaya yang dipakai adalah Budaya organisasi sudah sangat terkontrol dan terstruktur. Dan juga terdapat prosedur formal untuk mengendalikan apa yang orang kerjakan.
2.      Budaya Organisasi apa yang ingin dikembangkan di Hotel Prima In Yogyakarta?
ü  Budaya yang ingin dikembangkan yaitu organisasi yang sangat berorientasi pada hasil. Tujuan utamanya adalah menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Dan setiap anggota organisasi harus kompetitif dan berorientasi pada hasil.
3.      Dalam segi kepemimpinan organisasi yaitu pemimpin dalam organisasi menjalankan perannya sebagai apa saja?
ü  Tentunya sebagai koordinator, mengorganisir dan memelihara efisiensi serta efektivitas.
4.      Jenis budaya apa yang akan diterapkan lebih dalam lagi?
ü  Budaya yang bersifat inovatif, berani mengambil risiko, dan sebagai fasilitator yang selalu memberikan bimbingan kepada anggotanya.
5.      Bagaimana ciri manajemen dalam organisasi?
ü  Manajemen bercirikan rasa aman pada diri karyawan, adanya keseragaman dan hubungan yang relatif  stabil.
6.      Bagaimana yang diharapkan oleh Hotel Prima In  terkait dengan manajemen dalam organisasi?
ü  Yang diharapkan adalah manajemaen yang bercirikan kerja tim, kesepakatan dan partisipatif dengan tuntutan yang tinggi serta pencapaian hasil yang maksimal.
7.      Apakah Perekat organisasi menjadi hal yang penting dalam perusahaan?
ü  Sangat penting, karena kepercayaan atau kesetiaan bersama selalu dibangun  untuk mencapai prestasi dan tujuan bersama.
8.      Bagaimana yang diharapkan oleh perusahaan?
ü  Yangdiharapkan adalah selalu ada inovasi dan pengembangan yang selalu fokus pada hal-hal yang paling mutakhir.



9.      Strategi  apa yang ditekankan organisasi ini?
ü  Menekankan pada pengembangan SDM. Kepercayaan tinggi, keterbukaan, partisipasi dan selalu melibatkan setiap karyawan.
10.  Disisi lain bagaimana yang diharapkan terkait dengan strategi organisasi?
ü  Organisasi yang dapat menekankan sumber daya baru dan penciptraan tantangan baru. Ataupun mencoba hal-hal baru dan mencari peluang baru.
11.  Sejauh mana kriteria keberhasilan Hotel Prima In Yogyakarta saat ini?
ü  Kriteria keberhasilan organisasi ini mendefinisikan sukses berdasarkan terbentuknya produk terbaru. Organisasi merupakan pemimpin dalam produk atau jasa dan inovator.
12.  Upaya apa yang ingin dikembangkan lagi terkait dengan kriteria keberhasilan organisasi?
ü  Ingin menjadi sukses berdasarkan kemenangan dalam kompetisi. Menjadi pimpinan yang kompetitif yang merupakan kunci utama keberhasilannya.
13.  Apa sajakah visi misi dan tujuan dari Hotel Prima In Yogyakarta?
Visi Hotel :
Kami berusaha untuk menjadi perusahaan manajemen perhotelan Indonesia yang membuat kesan yang berbeda dan memberikan kesan positif dengan semua kalangan dari segi :
·         Sumber Daya Manusia : Kami mengembangkan dengan tim yang berbakat dengan sikap positif, kreatif dan inovatif serta dengan pengalaman yang sangat baik yang membuat tamu kami senang, tersenyum dengan kepuasan.
·         Mitra Kerja : Kami bersama-sama untuk menciptakan tekad yang kuat, hubungan jangka panjang dan hubungan saling menhargai karena hanya pemilik – operator seperti kami yang dapat melakukan hal ini.
·         Kami berusaha untuk mengembangkan merek hotel dan resort yang inovatif untuk menjadi merek terkemuka di setiap pasar yang kami layani.





Misi Hotel :
Kami bertujuan untuk memberikan pelayanan hotel dan resort yang berkualitas dengan pelayanan perhotelan Indonesia yang ramah dengan desain yang unik yang akan membuat orang senang dan tersenyum dan kepuasan kepada seluruh kalangan.
Tujuan Hotel Prima In Yogyakarta dibangun adalah :
v  Agar tersedianya fasilitas tempat tinggal sementara bagi pendatang baik untuk kepentingan wisata maupun kepentingan lainnya seperti bisnis, kantor, dan sebagainya.
v  Membuka lapangan kerja baru bagi para penduduk kota Yogyakarta.
v  Menambah daya tarik kawasan Malioboro sebagai pusat kota.
14.  Kegiatan apa sajakah yang diselenggarakan oleh Hotel Prima In?
Mengadakan kegiatan Eart Hour Moment guna memperingati Hari Bumi Nasional, perayaan Gong Xi Fa Chai yang diadakan setiap tahun, Memperingati Tahun Baru, Hari Raya Lebaran, Natal dan Hari Besar lainnya yang diadakan setiap tahun.
Selain itu kegiatan lain yang diselenggarakan yaitu seperti Press Release, Konferensi Pers, Press Gathering.
15.  Jenis media apa saja yang di gunakan oleh Hotel Prima In?
ü  Melalui Media Elektronik dimuat dalam Radio Jis FM, Unisi, dll.
ü  Melalui Televisi misalnya Lokal (Jogja TV), Televisi Nasional (ANTV)
ü  Melalui Media Online yaitu dimuat dalam beberapa media sosial seperti Facebook, Twiteer, dan Instagram.

Narasumber : Meina DwiJayanti selaku Public Relations Hotel Prima In Yogyakarta.

Analisis Tipe Budaya Organisasi
Dapat disimpulkan bahwa Prima In Hotel Yogyakarta ini memiliki tipe budaya Hierarchy dari karakter dominan yang terstruktur dan terkendali. Mempunyai koordinator dan mentor yang berorientasi pada efisiensi dan efektivitasi. Dengan memberikan rasa aman dan stabilitas hubungan di dalam perushaan akan membentuk berbagai kebijakan dan  peraturan yang formal. Dengan adanya kebijakan tersebut akan terciptanya stabilitas kontrol serta kelancaran.
            Dilihat dari penekanan strategi maupun kriteria keberhasilan yaitu menciptakan organisasi yang terstruktur yang berorientasi pada efisiensi serta peraturan kebijakan yang formal.

Website : www.primainhotel.com


           



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar