Minggu, 08 Januari 2017

Workshop Public Speaking



 JUDUL: pelatihan public speaking untuk mahasiswa.
  1. PENDAHULUAN
Perkembangan zaman saat ini sudah memasuki era globalisasi, dimana setiap elemen kehidupan telah bermetamorfosis menjadi lebih baik tetapi ada juga yang mengalami kehancuran. Elemen manusia adalah yang terpenting karena manusia merupakan hal yang mendominasi atau bahkan penyebab dari perubahan zaman ini. Manusia yang berkualitas yang tentu saja akan mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik, minimal untuk dirinya sendiri. Kualitas manusia dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dilitah dari tingkah laku, cara berfikir, dan tentu saja dilihat dari apa yang dia ucapkan. Kemampuan verbal seseorang menjadi sangat penting karena dengan berbicara orang lain akan mengetahui kemampuan seseorang dan dapat menilainya atau dikenal dengan istilah Public Speaking. Terutama untuk seseorang yang memiliki pekerjaan berhubungan langsung dengan customer seperti marketing dan untuk mahasiswa karena dengan mempelajari teknik public speaking dia akan mampu mengemukakan ide-ide brilian yang dapat mengubah keadaan karena pada hakekatnya mahasiswa adalah agent of change.
Namun pada praktik nya, banyak orang yang belum memahami pentingnya menguasai teknik tentang berbicara depan umum, padahal hal ini merupakan hal dasar yang harus dimiliki seseorang untuk terjun ke lapangan. Fenomena terdekat yang paling sering dijumpai mengenai penting nya memiliki kemampuan public speaking adalah praktik didalam kelas, banyak mehasiswa yang tidak dapat mengusai dirinya ketika berbicara depan kelas ketika berpresentasi sehingga apa yang ingin dia sampailkan tidak sampai kepada sasaran dan bahkan adapula yang tidak berani mengemukaakan pendapatnya sehingga kemampuan dirinya tidak dapat terlihat.
Public speaking sendiri adalah adalah seni berbicara di depan umum/publik tentang suatu hal/topik tertentu secara lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi. Stephen E. Lucas menjelaskan bahwa public speaking dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda atau membuat perubahan pada dunia dengan cara yangsederhana, yaitu berbicara.
Menurut Stephen E. Lucas dalam bukunya : “ The Art of Public Speaking ” disebutkan bahwa keahlian Anda dalam melakukan percakapan sebenarnya adalah keahlian yang paling penting untuk Anda gunakan dalam public speaking. Keahlian yang dimaksud adalah:
 1. Mengorganisasikan pikiran kita sesuai logika
 2. “ Menjahitkan baju pesan” sesuai dengan lawan bicara kita
 3. Menyampaikan cerita untuk dampak yang maksimum
 4. Beradaptasi dengan feedback lawan bicara .
Dari pemaparan diatas, diharuskannya mengadakan pelatihan tentang bagaimana cara seseorang berbicara kepada forum atau costumer dengan menggunakan teknik-teknik public speaking.




2. TUJUAN PELATIHAN
a.       Meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta tentang public speaking,
b.      Meningkatkan dan  mengembangkan keterampilan mahasiswa mengenai public speaking
c.        Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam praktik public speaking.

            3. HASIL YANG DIHARAPKAN
a.       Terlatihnya mahasiswa yang berani mengemukakan ide dengan menggunakan teknik public speaking
b.      Proses presentasi dikelas dan mengemukakan pendapat dapat menggunakan teknik public speaking
c.        Mahasiswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam public speaking
5.      SASARAN PELATIHAN
Sasaran dari pelatihan ini adalah seluruh mahasiswa administrasi pendidikan angkatan 2015, 2016 dan 2017. Target jumlah peserta adalah 150 orang.
6.      MATERI PELATIHAN
Materi yang diberikan meliputi:
a)      Pemahaman tentang dasar-dasar public speaking, materi ini membahas tentang teknik dasar dalam presentasi.  Komunikasi verbal, audio dan verbal.
Tujuan materi:
  1. Mempelajari dan memahami dasar-dasar PS
  2. Memahami dasar-dasar public speaking
b)     Performance skills, materi ini berisi tentang teknik performance dengan konsep 3 V (Verbal, Voice, Visual)
Tujuan materi:
1. Mempelajari dan memahami teknik performance / tampil di depan umum
2. Memahami teknik performance dengan konsep 3 V (Verbal, Voice, Visual)
3. Menerapkan teknik performance ke dalam kegiatan Public Speaking

c)      Persiapan public speaking, materi ini membahas cara mengatasi
ketakutan ketika berbicara didepan publik.
Tujuan materi:
1. Belajar berbagai hal terkait dengan kegiatan PS melalui teknik berbagi pengalaman dengan pakar/pelaku
2. Belajar aplikasi PS dari sang ahli
3. Menyerap lebih banyak ilmu dan pengalaman seputar PS guna diaplikasikan dalam pelaksanaan tugasnya
d)     Praktik public speaking, “How to Deliver your Presentation” materi ini membahas cara menghandle audiens, berkomunikasi efektif dengan audiens, teknik meraih atensi dari audiens dan teknik time phases.
Tujuan materi:
1. Memahami konsep dan strategi public speaking
2. Memahami praktik public speaking
            3. Melaksanakan public speaking dalam pelaksanaan tugas
7.      FASILITATOR
seluruh admin litbang dengan mendatangkan pakar dalam public speaking
8.      KERANGKA PIKIR PELATIHAN
9.      KURIKULUM PELATIHAN
10.  DANA
11.  SUSUNAN ACARA


RINCIAN ACARA
A.    NAMA ACARA :
Pelatihan public speaking untuk mahasiswa Akademi Komunikasi Indonesia
B.     TUJUAN :
Ø  Meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta tentang public speaking,
Ø  Meningkatkan dan  mengembangkan keterampilan mahasiswa mengenai public speaking
Ø   Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam praktik public speaking.
C.     TEMA :
D.    KONSEP ACARA :
E.     SASARAN :
Sasaran dari pelatihan ini adalah seluruh mahasiswa administrasi pendidikan angkatan 2015, 2016 dan 2017. Target jumlah peserta adalah 150 orang.
F.      WAKTU KEGIATAN :
Hari/tanggal    : Sabtu, 7 Januari 2017
Waktu             : 10.00 sd selesai
Tempat            : Ruang Kelas B 1-3 dan B 1-4 Akademi Komunikasi Indonesia.
  Jl Laksda Adisucipto KM 6,5 Catur Tunggal, Depok, Sleman.
G.    GAMBARAN ACARA :
H.    PENGISI ACARA
I.       TARGET :
Seluruh mahasiswa administrasi pendidikan angkatan 2015, 2016 dan 2017. Target jumlah peserta adalah 150 orang.
J.       SUSUNAN ACARA
Terlampir
K.    RINCIAN PEMBIAYAAN
Terlampir
L.     BENTUK KERJASAMA SPONSOR
Terlampir
M.   DESIGN MEDIA PUBLIKASI
Terlampir
N.    STEERING COMITTE
Terlampir
O.    STRUKTUR ORGANISASI
Terlampir
P.      DIVISI
Terlampir













SPONSOR
Dengan Biaya Penuh sebesar 2.500.000
Kontrapresepsi :
1.      Pencantuman logo berukuran L pada :
a.       X Banner
b.      Co card Panitia
c.       Sertifikat Peserta
d.      Merchandise
2.      Announced by MC
3.      Rilis berita muncul di website kampus
4.      Pemberian hasil dokumentasi berupa foto/video
5.      Pencantuman melalui media sosial
6.      Disediakan lokasi untuk booth/ stand 2 buah
7.      Pemberian brosur
8.      Memasang spanduk disekitar area kampus Akindo.
















No
KEPERLUAN
BIAYA
JUMLAH
KET
1.       
Biaya Pembicara




Fee pemateri 1
1.000.000
1


Fee pemateri 2
1.000.000
1

2.       
SEKERTARIAT




Tinta printer
100.000



Kertas
200.000



Cap digital
150.000



Co card panitia
150.000



Penggandaan proposal
400.000



Alat tulis
100.000


3.       
HUMAS




Akomodasi
300.000



Perizinan
300.000


4.       
PUBLIKASI




X-Banner
200.000



Sertifikat peserta dan pembicara
550.000
100 Lembar

5.
KONSUMSI




Konsumsi peserta
700.000
7000x100


Nasi box
2.000.000
150x10.000


Konsumsi tamu dan pembicara
400.000
10.000x40

6.
DOKUMENTASI




Kaset
200.000



Video dan cetak foto
500.000



Baterai
200.000


7.
PERLENGKAPAN




Sterofoam untuk fotobooth
300.000



Paku dan peralatan pendukung
200.000



TOTAL
8.950.000




  
STREERING COMITTEE
Penasehat
Direktur Akademi Komunikasi Indonesia
Sumantri Haharjo M.Si

Penanggung Jawab
Kaprodi Jurusan Public Relations
Hening Budi Prabawati M.Si

ORGANIZING COMMITTEE
Ketua              : Ayuna Dea RZ
Wakil               : Aldismi Larasati
Sekertaris        : Sesilia Esi N
Bendahara       : Dwi Parwati
Humas             : Chrositalia Mentari

DIVISI
Acara               : Ruth Christiani
Produksi          : Yoga Dwi Yuanto
Konsumsi        : Elza Dwi & Yekti Larasati
Perlengkapan   : Ifan Farhan
Dokumentasi   : Sari Andini
Keamanan       : Eluaha Lahagu
Tamu               : Yessica Mustiningtyas & Yopi Widianto





BENTUK KERJA SAMA SPONSOR
SPONSOR REGULER
Dengan Biaya sejumlah 500.000
Kontraprestasi :
1.      Pencantuman logo pada :
a.       Spanduk
b.      X-Banner
2.      Announced by MC
3.      Pencantuman nama di media sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar