LATAR BELAKANG
Tupperware adalah
perusahaan multinasional yang memproduksi dan memasarkan produk plastic
berkualitas untuk rumah tangga.
Tupperware memiliki desain yang unik dan inovatif dengan warna-warna
yang khas, trendi dan menarik. Produk tupperware menggunakan bahan berkualitas
terbaik dan ramah lingkungan.
Berawal dari penemuan material plastic yang telah diperbaharui oleh Earl
Tupper tahun 1938 di Amerika yang kemudian dikembangkan pada tahun 1964. Maka
lahirlah produk-produk inovatif dengan merk Tupperware yang mempermudah
kehidupan ibu-ibu rumah tangga di Amerika. Cara penjualan yang unik
diperkenalkan oleh Brownie Wise melalui Home Party yang informative dan
menyenangkan.Di berbagai belahan dunia, Home Party Tupperware kini lebih
dikenal dengan nama Tupperware Party. Diperkirakan setiap 2,3 detik
diselenggarakan Tupperware Party di salah satu dunia.
Secara
resmi, Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991 oleh PT Alif Rose di
Jakarta adalah Distributor pertama, dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 70
Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
Dukungan oleh lebih dari
150.000 tenaga penjual independen (Tupper Lady), Produk Tupperware berhasil
menembus berbagai kalangan. Berbagai pelatihan dan bimbingan diberikan sebagai
bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tanggauh.Walaupun terdiri dari berbagai
latar belakang ekonomi dan pendidikan, tetapi ada satu persamaannya, yaitu
mereka bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus pencapaian karir dan
penghasilan yang sangat memuaskan
Visi dan Misi Tupperware
Visi Tupperware menjadi Company of Choice dan Brand
of Choice dan misinya yaitu Mengubah hidup orang dan keluarganya menjadi lebih baik.
Keistimewaan Tupperware
·
Tupperware terbuat dari bahan plastik terbaik, tidak
mengandung zat kimia beracun dan sudah mengikuti standar FDA (Food and Drugs
Administration USA). Sehingga sangat aman untuk menyimpan makanan namun juga
ramah lingkungan karena bisa di daur ulang.
·
Tupperware dapat
berupa wadah penyimpanan sayuran,kue,dll,wadah penyajian snack,kue,dll.
·
Keunggulan Plastic :
Kuat, ringan, fleksibel, tidak berkarat, tidak
mudah pecah, dan isolator panas yang baik.
STRATEGI PROMOSI
¡ Pull
Marketing harus
menemukan cara untuk berinteraksi dan terlibat dengan segmen yang menjadi target
market. Cara yang sering dipakai produsen seperti sponsorship,
penempatan produk yang dekat dengan target market, dan melakukan variasi advertising dan promotional
strategies yang dikembangkan untuk menghasilkan publisitas dengan
tujuan menarik customers potensial untuk membeli produk.
¡ Perusahaan
Tupperware telah memberi buku/catalog kepada si member untuk menjual produk
tersebut dengan harga yang telah dicantum dimasing-masing produk dengan strategi
pemasaran yaitu memberikan diskon sebesar 30% untuk reseller atau member,dengan
strategi pemasaran ini maka seseorang tertarik untuk menjualnya Tentunya para
konsumen akan mencari member terbaik.
¡ Cara
pemasaran Tupperware yang tidak dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi
seumur hidup tanpa batas waktu,hal ini membuat produk yang relative mahal
tertutupi akan pemasaran yang seperti itu karena proses pemakaiannya bisa
seumur hidup.
Target/Segmentasi Tupperware
Ø Segmentasi
dari Tupperware berdasarkan dari kalangan atas dan kalangan menengah
dikarenakan harganya yang relative mahal. Segmentasi dari Tupperware yaitu
mengarah kepada ibu rumah tangga, karyawan/karyawati yang khususnya wanita.
KESIMPULAN
¡ Tupperware adalah produk berkualitas baik
serta ramah lingkungan dan berkualitas tinggi dari segi produk yang meliputi
kegunaan, kesesuaian produk, desain yang menarik dan inovatif, keawetan
produk serta keunikan lain yang tidak
dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi seumur hidup tanpa batas waktu. Sehingga hal itu yang membuat para konsumen
untuk memilih produk Tupperware yang bekualitas tinggi tentunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar