Minggu, 08 Januari 2017

Strategi promosi penjualan



LATAR BELAKANG
Tupperware adalah perusahaan multinasional yang memproduksi dan memasarkan produk plastic berkualitas untuk rumah tangga.  Tupperware memiliki desain yang unik dan inovatif dengan warna-warna yang khas, trendi dan menarik. Produk tupperware menggunakan bahan berkualitas terbaik dan ramah lingkungan.
Berawal dari penemuan material plastic yang telah diperbaharui oleh Earl Tupper tahun 1938 di Amerika yang kemudian dikembangkan pada tahun 1964. Maka lahirlah produk-produk inovatif dengan merk Tupperware yang mempermudah kehidupan ibu-ibu rumah tangga di Amerika. Cara penjualan yang unik diperkenalkan oleh Brownie Wise melalui Home Party yang informative dan menyenangkan.Di berbagai belahan dunia, Home Party Tupperware kini lebih dikenal dengan nama Tupperware Party. Diperkirakan setiap 2,3 detik diselenggarakan Tupperware Party di salah satu dunia.
Secara resmi, Tupperware dipasarkan di Indonesia tahun 1991 oleh PT Alif Rose di Jakarta adalah Distributor pertama, dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 70 Distributor resmi yang tersebar di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.
Dukungan oleh lebih dari 150.000 tenaga penjual independen (Tupper Lady), Produk Tupperware berhasil menembus berbagai kalangan. Berbagai pelatihan dan bimbingan diberikan sebagai bekal untuk menjadi tenaga penjual yang tanggauh.Walaupun terdiri dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan, tetapi ada satu persamaannya, yaitu mereka bisa menyisihkan waktu untuk keluarga, sekaligus pencapaian karir dan penghasilan yang sangat memuaskan

Visi dan Misi Tupperware
Visi Tupperware menjadi Company of Choice dan Brand of  Choice dan misinya yaitu Mengubah hidup orang  dan keluarganya menjadi lebih baik.
Keistimewaan Tupperware
·         Tupperware terbuat dari bahan plastik terbaik, tidak mengandung zat kimia beracun dan sudah mengikuti standar FDA (Food and Drugs Administration USA). Sehingga sangat aman untuk menyimpan makanan namun juga ramah lingkungan karena bisa di daur ulang.
·         Tupperware dapat berupa wadah penyimpanan sayuran,kue,dll,wadah penyajian snack,kue,dll.
·         Keunggulan Plastic :
                 Kuat, ringan, fleksibel, tidak berkarat, tidak mudah pecah, dan isolator panas yang baik.
STRATEGI PROMOSI
¡  Pull Marketing harus menemukan cara untuk berinteraksi dan terlibat dengan segmen yang menjadi target market. Cara yang sering dipakai produsen seperti sponsorship, penempatan produk yang dekat dengan target market, dan melakukan variasi advertising dan promotional strategies yang dikembangkan untuk menghasilkan publisitas dengan tujuan menarik customers potensial untuk membeli produk.
¡  Perusahaan Tupperware telah memberi buku/catalog kepada si member untuk menjual produk tersebut dengan harga yang telah dicantum dimasing-masing produk dengan strategi pemasaran yaitu memberikan diskon sebesar 30% untuk reseller atau member,dengan strategi pemasaran ini maka seseorang tertarik untuk menjualnya Tentunya para konsumen akan mencari member terbaik.
¡  Cara pemasaran Tupperware yang tidak dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi seumur hidup tanpa batas waktu,hal ini membuat produk yang relative mahal tertutupi akan pemasaran yang seperti itu karena proses pemakaiannya bisa seumur hidup.
Target/Segmentasi Tupperware
Ø  Segmentasi dari Tupperware berdasarkan dari kalangan atas dan kalangan menengah dikarenakan harganya yang relative mahal. Segmentasi dari Tupperware yaitu mengarah kepada ibu rumah tangga, karyawan/karyawati yang khususnya wanita.

KESIMPULAN
¡  Tupperware adalah produk berkualitas baik serta ramah lingkungan dan berkualitas tinggi dari segi produk yang meliputi kegunaan, kesesuaian produk, desain yang menarik dan inovatif, keawetan produk  serta keunikan lain yang tidak dimiliki produk plastik lainnya yaitu garansi seumur hidup tanpa batas waktu. Sehingga hal itu yang membuat para konsumen untuk memilih produk Tupperware yang bekualitas tinggi tentunya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar